Bahaya Susu Kedelai Bagi Wanita & Pria

BAHAYA MINUM SUSU KEDELAI UNTUK WANITA HAMIL
Seperti yang kita ketahui bahwa susu kedelai mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Namun ternyata ini justru terbalik jika yang mengkonsumsi adalah ibu hamil yang berada pada trisemester pertama (1-3 bulan periode hamil). Hal ini disebabkan kandungan phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai yang justru dapat membuat wanita hamil mengalami keguguran.


Phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai adalah estrogen (sex female hormone) yang diperoleh dari tumbuhan. Secara kimiami struktur dan fungsinya hamper sama namun perbedaannya adalah sumbernya, phytoestrogen diperoleh dari tumbuhan sedangkan estrogen diperoleh dari sistesis organ tubuh sendiri.

Estrogen pada trisemester pertama ini berbahaya bagi keberlangsungan kehamilan, hal ini karena estrogen dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim (uterus) dimana perlekatan janin belum sempurna. Jika kontraksi yang berlebihan ini terjadi maka perlekatan akan terlepas dan terjadilah keguguran.

Kondisi ini akan berubah sesuai dengan umur kandungan, semakin tua umur kandungan maka perlekatan janin dengan rahim akan semakin kuat. Selain itu, seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka produksi progesterone akan meningkat sampai dengan 400%. Progesterone merupakan hormone yang juga disebut hormone kehamilan karena berfungsi untuk menjaga keadaan rahim agar menjadi nyaman buat janin termasuk merelaksasikan / mencegah kontraksi berlebih dari rahim.

Jadi, untuk mengurangi bahaya untuk ibu yang sedang hamil pada trisemester pertama, sebaiknya para ibu hamil menunda untuk minum susu kedelai dan juga makan makanan dari bahan pangan yang terbuat dari kedelai. Jangan sampai karena hal sepele seperti ini justru membuyarkan harapan yang telah diimpi-impikan.

BAHAYA SUSU KEDELAI BAGI KESUBURAN PRIA
Susu kedelai mengurangi kesuburan pria
Kandungan fitoestrogen isoflavon (zat yang mirip dengan hormon estrogen) dapat mempengaruhi keseimbangan hormon pada pria dan wanita. Kandungan fitoestrogen isoflavon pada susu kedelai diketahui dapat mengurangi kesuburan pria atau mempengaruhi hormon testoteron.

Kacang kedelai hasil rekayasa genetika memiliki efek samping
Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh kedelai rekayasa genetika adalah masalah saluran pencernaan, masalah kesehatan jantung dan juga dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi.

Setelah mengertahui manfaat dari susu kedelai beserta resiko kerugian mengkonsumsi susu kedelai, seyogyanya pembaca agar lebih bijak dalam meminum susu kedelai dengan tidak berlebihan dan hati-hati.

Sumber: (kaskus) & alami-ilmiah.com

Post a Comment

Silakan Anda tuliskan pesan untuk mengetahui lebih lanjut tentang informasi di dalam blogs ini dengan mencantumkan e-mail, no telp, no HP atau akun Facebook dan Twitter Anda. Kontak kami di wa.me/+6281283745364 atau Call & SMS ke 0812.8037.6532

Lebih baru Lebih lama