Khasiat Buah Arbei / Stroberi

Manfaat Buah Arbei – Buah Arbei sangat jarang kita konsumsi, padahal sebenarnya buah ini memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan Anda. Buah ini memiliki nama latin Fragaria Vesca atau dikenal juga sebagai Strawberry Alpine (Stroberi kecil). Kalau dilihat sepintas buah ini memang mirip dengan stroberi, karena memiliki warna merah tapi memiliki ukuran yang relatif lebih kecil.

Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat buah arbei untuk Kesehatan.
Ciri-ciri tanaman buah arbei yaitu berbentuk semak, menjalar dan tinggi mencapai 15 sampai 27 cm. Pada batang tanaman menjalar dan beruas-ruas bulat, berbulu dan berwarna hijau. Memilki daun banyak kira-kira panjangnya hingga 15 sampai 26 cm, berwarna hijau kemerah-merahan, helaian daun berbentuk bulat, pada ujung dan pangkal daun tumpul, pertulangan daun menyirip dan tepi bergerigi.

Bunga buah ini majemuk, tangkainya panjang hingga 25 sampai 29 cm, dan bermahkota tujuh, bulat, putih, pada benangsarinya banyak, tangakai dan kepala sari berwarna putih kekuningan. Sedangkan buah arbei berbentuk buni, lonjong, berambut, berdiameter 2 sampai 4 cm, jika masih muda buahnya berwarna hijau dan jika sudah tua berubah menjadi merah.

Buah arbei memiliki banyak kandungan yang bermanfaat seperti saponin, favonoida, polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan daftar komposisi bahan makanan, yang mencatat jika dalam 100 gr arbei terkandung energi sebanyak 37 kkal, protein 0,8 gr, lemak 0,5 mg, karbohidrat 8,3 gr, asam folat 30 mcg, kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, Fe 0,8 mg, Vitamin A 60 SI, Vitamin B1 0,003 mg dan air 89,9 gr.

Manfaat Buah Arbei Untuk Kesehatan
Kandungan yang banyak pada arbei memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh kita, seperti berikut ini.
1. Dapat digunakan sebagai obat sariawan
2. Dapat digunakan untuk membantu melawan kanker
3. Mengobati maag
4. Membantu untuk melawan tifus
5. Dapat meringankan gejala diare
6. Menambah kekebalan tubuh
7. Mencegah atau mengganggu proses pembentukan sel-sel kanker
8. Menjaga gigi dan gusi tetap sehat
9. Menjadikan kulit semu putih dan cerah pada wajah, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berlemak.
Caranya giling buah arbei sampai halus serta dibubuhi air jeruk nipis dan room. Campuran tersebut digunakan sebagai masker, dan dilakukan seminggu sekali. Pada minggu kedua (hari ke-empatbelas) insya Allah Anda sudah bisa melihat hasilnya.
Demikianlah artikel tentang manfaat buah arbei untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

penulis : Sidik Rizal
dari berbagai sumber

Post a Comment

Silakan Anda tuliskan pesan untuk mengetahui lebih lanjut tentang informasi di dalam blogs ini dengan mencantumkan e-mail, no telp, no HP atau akun Facebook dan Twitter Anda. Kontak kami di wa.me/+6281283745364 atau Call & SMS ke 0812.8037.6532

Lebih baru Lebih lama